BLANGPIDIE – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan tahfidz camp 10 hari terakhir bulan suci Ramadan 1444 H / 2023 M.

Kegiatan yang mengusung tema “Raih Keberkahan Al Qur’an di Bulan Ramadan” ini dipusatkan di Masjid Agung Baitul Ghaffur, Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Abdya.

Kegiatan tahfidz camp Ramadan ini dibuka langsung oleh Ketua BKPRMI Kabupaten Abdya, Usman IA, Rabu (12/4/2023).

“Kegiatan tahfidz camp Ramadan tahun ini berlangsung mulai hari ini, tanggal 12 sampai dengan 29 April 2023,” ujar Usman saat ditemui Acehglobalnews di Masjid Baitul Qahhar, Gampong Durian Rampak, Rabu (12/4) malam.

Usman menjelaskan, para peserta tahfidz camp Ramadan BKPRMI Abdya ini berjumlah 80 orang, yang terdiri dari laki-laki 20 orang, dan perempuan 60 orang.

“Sementara, jumlah pengajar yaitu musyrif (pengajar laki-laki) 5 orang dan musyrifah (pengajar perempuan) sebanyak 3 orang,” sebutnya.

Usman menambahkan, dalam kegiatan tersebut, para peserta terlebih dahulu diajarkan tahsin oleh pengajar, kemudian setelah bacaannya sudah benar, maka peserta baru belajar menghafal Al Qur’an.

“Para peserta selama kurun waktu 10 hari ramadan dikarantina di Masjid Agung, sekaligus berbuka puasa, itikaf, shalat malam, belajar tahfidz dan mendengarkan ceramah agama disana,” kata Anggota DPRK Abdya dari Partai PKS itu.

Ia menyebutkan, para peserta merupakan anak-anak usia remaja SMP dan bahkan ada yang mendaftar dari luar daerah (Kabupaten Aceh Selatan).

Para peserta diberikan fasilitas tempat penginapan seadanya di sekolah PAUD Komplek Masjid Agung untuk peserta perempuan. Sementara, peserta laki-laki di lantai I masjid tersebut.

“Saya berharap acara tahfidz camp Ramadan ini tiap tahun diadakan. Jika perlu setiap semesteran, artinya setiap libur anak-anak juga dibuat acara seperti ini, sehingga terwujud satu keluarga Aceh satu hafidz/hafidzah” harap Usman.

Usman yang menyatakan dirinya bakal maju ke kursi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada pemilihan legislatif 2024 mendatang itu mengharapkan do’a dan dukungan khususnya dari seluruh masyarakat Abdya.

“Insyaallah jika tidak ada aral yang melintang, saya akan maju sebagai calon anggota DPRA. Mohon doa dan dukungan masyarakat Abdya,” pintanya.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan tahfidz camp Ramadan ini, Ketua MPU Abdya, Tgk Muhammad Dahlan, Pengurus BKPRMI Abdya, Ketua Bidang Pendidikan BKM Masjid Agung, Salman, Ketua Remaja Mesjid Agung Juli Namawi, Ketua Panitia Tahfidz Camp Ramadan, Musyidul Ahyar, dan wali santri (peserta), serta tamu undangan lainnya. (*)

Editor : Redaksi