Jantho, Acehglobal — Cabor Kurash menjadi tambang medali bagi Aceh. Dari kancah tarung bela diri yang bermuasal dari Uzbekistan itu, atlet Kurash Aceh sukses menyegel lima medali yang terdiri atas 3 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

“Alhamdulillah, ini buah dari kerja keras anak anak yang berlatih tanpa kenal, semoga prestasi ini terus bertahan di event sejenis selanjutnya,” kata Hanafiah, pelatih kepala Kuras Aceh dalam rilisnya, dikutip Jumat (12/9/2024).

Adapun atlet peraih medali itu adalah, Dimas Pratama (emas) Kelas +81 Kg Putra, Kelas Uzul Putra (emas) dan Uzul Putri (emas). Sementara medali perak diraih oleh Muhammad Saif Ritonga kelas +60 putra dan perunggu disabet oleh Aksal Muhammad Janwar di kelas -66 kg putra.

Hasil yang terasa spesial itu juga disambut gembira oleh Ketua Pengprov Kurash Aceh yang juga Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto.

“Sebuah hasil yang pantas disambut dengan rasa syukur, sekaligus terima kasih tak terhingga kepada semua elemen yang telah berkontribusi untuk terwujudnya prestasi ini. Mulai dari atlet, pelatih, ofisial hingga jajaran Pengprov yang telah menunjukkan komitmen tingginya selama masa persiapan hingga meretas sukses,” kata Iswanto yang tak mampu menyembunyikan rasa gembiranya atas torehan prestasi tersebut.

Menurutnya, hasil yang diraih ini benar-benar karena kemampuan dan kehandalan para atlet, yang selama ini telah dipersiapkan secara matang.

Torehan tiga emas itu sendiri telah melampaui target dua emas sebelumnya, dengan pertimbangan kurash baru dipertandingkan di ajang PON ke-21, setelah sebelumnya hanya masuk level eksebisi. “Sukses ini menjadi tantangan tersendiri bagi atlet dan pengurus, untuk mempertahankannya pada masa mendatang,” ujarnya.

Terkait itu, pihaknya akan terus berbenah agar prestasi itu bisa berkelanjutan.

Sementara Presiden Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Mayjen TNI (Purn) TA Hafil Fuddin secara terpisah menyatakan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mewujudkan sukses penyelenggaraan pertandingan Cabor Kurash di Gedung Utama Jantho Sport City (JSC) di Kota Jantho.

“Atas nama pribadi sekaligus Ketua Ferkushi Pusat, kami mengapresiasi kerja keras Panpel termasuk jajaran technical delegate (TD) yang telah ikut merancang dan menyiapkan acara ini bersama jajaran Pengprov Kurash Aceh. Alhamdulillah Aceh meraih sukses penyelenggara dan sukses prestasi di Cabor Kurash, dan ini akan menginspirasi pihak lain untuk melakukan hal yang sama di masa mendatang,” tandas Hafil.

Sukses Kurash secara langsung berdampak kepada trend positif raihan medali Kontingen Aceh di PON XXI yang kini terus bergerak naik. Pergerakan perolehan medali itu juga makin mendekatkan obsesi Aceh untuk meraih 10 besar dalam PON XXI, setelah pada PON XX di Papua, kontingen Aceh finish di posisi ke- 12.(*)