Suka Makmue – Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, melalui Camat Seunagan Timur, Salviar Evi mengeluarkan Surat edaran (SE) Nomor 965 /113 /2023, tentang jadwal turun ke sawah musim tanam (MT) gadu tahun 2023.

Surat edaran tersebut dikeluarkan Camat Seunagan Timur bertujuan agar para petani di Kecamatan tersebut dapat melaksanakan penanaman padi serentak pada MT Gadu 2023 ini.

Camat Seunagan Timur, Salviar Evi mengatakan, sebelum dilaksanakan tanam serentak, ia meminta kepada 34 Keuchik Gampong untuk mengajak Keujrun Blang dan Petani agar melakukan gotong royong massal di lokasi daerah persawahan masing-masing kemukiman.

“Kesepakatan pelaksanaan gotong royong ini berdasarkan hasil musyawarah Keujrun Blang bersama unsur Muspika di Aula Setcam yang dilaksanakan pada 26 Januari 2023 lalu,” ujar Salviar, Rabu (1/2/2023).

Dalam pertemuan tersebut, sebut Salviar, turut dihadiri Houp Keujrun Kabupaten Cek Guh, Kapolsek Seunagan Timur, Danramil dan Kepala BPP Seunagan Timur, Imum Mukim dan para Keuchik dalam Kecamatan Seunagan Timur.

“Saat sedang melakukan gotong royong pembersihan saluran persawahan, Keuchik Gampong harus memberikan laporan kepada Camat melalui foto dokumentasi. Apabila tidak ada foto, Keuchik tersebut akan kami panggil,” tegas Camat.

Dalam SE tersebut, jelas Camat Salviar, juga tertuang jadwal bajak sawah oleh petani yang dimulai sejak tanggal 1 Februari sampai dari 8 April 2023. Sedangkan jadwal tabur benih pada tanggal 10 – 20 Maret, serta penanaman padi serentak dilaksanakan pada 1 – 10 April 2023.

Salviar juga menjelaskan, tujuan gotong royong massal tersebut sebagai awal pelaksanaan penanaman padi serentak di Kecamatan Seunagan Timur agar produksi gabah semakin meningkat dan harga jual pun juga semakin tinggi.

“Dalam SE tersebut juga kita tuangkan poin gotong royong massal, dan kami memberikan laporan kepada Ibu Pj. Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas,” tuturnya.

SE tersebut direspon langsung oleh Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas. Sebagai satu-satunya Pj Bupati perempuan di Barat Selatan Aceh Fitriany ikut turun langsung ke lokasi guna melihat kondisi pintu air persawahan yang terletak di Desa Cot Gut, Seunagan Timur.

Aksi Pj Bupati Nagan Raya ikut turun ke lokasi sawah melaksanakan gotong royong bersama masyarakat mendapat apresiasi dari salah seorang Keuchik Seunagan Timur. Dan para Keuchik juga mengaku sangat mendukung SE yang dikeluarkan Camat Salviar Evi tersebut.

“Disaat kehadiran Ibu Pj. Bupati bersama-sama membersihkan saluran irigasi, kami cukup terharu, karena seorang Cut Nyak Dhien sangat mendukung program pertanian, malah membatu memegang cangkul disaat pembersihan saluran air tersebut,” ungkap Keuchik tersebut. (*)

Editor : Salman