Dinsos Abdya Beri Pendampingan Trauma Healing pada Korban Kebakaran Alue Dama

  • Whatsapp

GLOBAL BLANGPIDIE – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan pendampingan trauma healing kepada anak-anak korban kebakaran di Gampong Alue Dama, Kecamatan Setia, kabupaten setempat, Minggu (29/8/2021).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinsos Abdya, Yusan Sulaidi melalui Kabid perlindungan dan jaminan sosial (Linjamsos) Eddy Harfiansyah.

Edy mengatakan, trauma healing ini bertujuan untuk membantu menyembuhkan atau meringankan beban yang mengguncangkan jiwa seseorang pasca trauma akibat bencana kebakaran.

“Diharapkan mereka terus melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang akibat kejadian yang baru dialami paska insiden kebakaran pada beberapa waktu lalu,” kata Edy.

Menurutnya, banyak anak-anak yang masih merasa takut, trauma maupun susah tidur karena mereka melihat langsung kejadian itu. Sehingga pihaknya perlu melakukan pendampingan melalui bidang Linjamsos Dinsos Abdya.

Ia menuturkan pelaksanaan trauma healing ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Dinsos Abdya, dan langsung dilakukan oleh Psikolog Klinis Anak, serta juga dihadiri oleh Camat Setia.

“Jumlah anak korban kebakaran tersebut sebanyak 18 orang,” sebutnya.

Tak hanya itu, kata Edy pada kegiatan tersebut Dinsos Abdya juga memberikan bantuan berupa mainan untuk anak-anak.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (26/8/2021) lalu peristiwa kebakaran menghanguskan tujuh rumah warga di Gampong Alue Dama, kecamatan Setia sekira pukul 03.00 WIB.

Sebelumnya, Dinsos Abdya juga telah menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran. (*)

Pos terkait