Ilham Rizki dan Siti Nafizah Terpilih sebagai Agam dan Inong Duta Wisata Abdya 2021

  • Whatsapp
Ilham Rizki dan Siti Nafizah Terpilih sebagai Agam dan Inong Duta Wisata Abdya 2021. (Ist)

GLOBAL BLANGPIDIE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendik) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui bidang Budaya, Pemuda dan Olahraga kembali menyelenggarakan seleksi Agam dan Inong Duta Wisata 2021. Acara berlangsung di Aula Bappeda kabupaten setempat, Sabtu (2/10/2021).

Acara tersebut mengangkat tema “Ethnic City Pride” senada dengan tema yang diusung oleh pemilihan Agam dan Inong di tingkat Provinsi Aceh.

“Acara seleksi ini bertujuan untuk menyeleksi perwakilan Agam dan Inong sebagai perwakilan Abdya yang akan mengikuti seleksi di Provinsi Aceh pada tanggal 19 Oktober mendatang,” ujar Kasi Kebudayaan, Usmadi S.Pd.

Sementara itu, Kadispendik Abdya melalui Kabid GTK, Ikhwanul Muslim, S.Pd, M.Pd berharap, Agam dan Inong Duta wisata 2021 yang terpilih dapat mempromosikan budaya dan tradisi, pariwisata, serta ekonomi kreatif Abdya ditingkat Provinsi Aceh.

“Harapan kita, semoga Agam dan Inong yang terpilih ini dapat mendapatkan juara ditingkat Provinsi,” kata Ikhwanul.

Ikhwanul menjelaskan, para kontestan yang mengikuti seleksi itu sebelumnya telah mengikuti penjaringan dengan mengirimkan essai secara online kepada panitia.

Dari seleksi tersebut, terpilih 8 pasang Inong dan Agam Abdya yang kemudian mengikuti puncak seleksi pada Sabtu (2/10/2021).

“Ada beberapa tes yang diikuti oleh peserta, yaitu bidang agama, pariswisata, bahasa Inggris, kepribadian, seni budaya dan wawasan umum,” ujarnya.

Alumni FKIP Jurusan Fisika USK ini menuturkan, para peserta juga melakukan promosi wisata dengan mempresentasikan makalah yang telah mereka kirim.

Selain itu, kata dia mereka juga dituntut untuk menampilkan kemampuan diri pada sesi penampilan bakat.

Sementara, dewan juri berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdya dan Ikatan Alumni Duta Wisata Abdya.

“Setelah semua tahapan seleksi berlangsung, terpilihlah Ilham Rizki Maulana dan Siti Nazifah sebagai Agam dan Inong Duta Wisata Aceh Barat Daya Tahun 2021,” ungkapnya.

Sementara itu, Zulfazli mewakili alumni duta wisata Abdya sangat mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Abdya dalam event promosi wisata ini.

“Karena selama ini Abdya selalu menjadi kontestan yang ditunggu oleh Provinsi,” katanya singkat.

Pada acara pemilihan Agam dan Inong Duta Wisata Abdya Tahun 2021 ini dimeriahkan oleh beberapa sponsor yaitu Dapoer Annida, Bypul Makeup (Putri Marlinda), Sun K Photography, De’inaa Taylor & Gallery, RYS dan Erlangga perwakilan Abdya. (*)

Pos terkait