Pemerintah Gampong Cot Jeurat Abdya Kerahkan Warga Bersihkan Saluran

  • Whatsapp

GLOBAL BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan kegiatan bersih-bersih saluran pada masing-masing dusun dalam wilayah gampong setempat, Sabtu (11/9/2021).

Pj. Keuchik Gampong Cot Jeurat, Eri Sofiandi mengatakan kegiatan bersih-bersih saluran ini dilakukan dengan sistem padat karya tunai desa (PKTD).

Bacaan Lainnya

“Kita sengaja mengerahkan warga ikut bekerja membersihkan saluran, parit, selokan dan drainase agar air limbah pembuangan rumah warga bisa mengalir dengan lancar dan tidak tersumbat,” ungkap Eri yang didampingi oleh Ketua Tuha Peut dan Sekdes gampong setempat.

Ditambahkan Eri, dalam kegiatan itu pihaknya mengerahkan puluhan warga sebagai pekerja. Mereka, katanya diberikan upah langsung secara cash setelah selesai berkerja.

“Dihari yang sama setelah pekerjaan selesai, kita berikan upah terus dengan ongkos Rp 7 ribu per meternya,” ujar Eri.

Para pekerja, sambung dia merupakan para masyarakat dari anggota rumah tangga miskin (ARTM), pengangguran dan setengah pengangguran.

Sebelum berkerja, puluhan warga tersebut didata oleh Kaur Perencanaan. Mereka berkerja membersihkan sedimen dan lumpur, serta rumput ilalang yang telah menutupi badan saluran pembuang.

“Volume panjang saluran pembuang, parit dan drainase yang dibersihkan warga dengan sistem PKTD ini totalnya sekitar kurang lebih 700 meter,” jelasnya.

Ia menuturkan, sebagian warga yang ikut berkerja didominasi oleh anak-anak muda dan sebagian kecilnya adalah para orang tua kepala keluarga.

Pihaknya sengaja menggunakan sistem padat karya tunai pada pekerjaan tersebut, dikarenakan menurut Eri, pola ini mampu membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias dan terbantu dengan sistem ini. Disamping kita berikan upah kerja langsung, juga dapat meningkatkan kekompakan warga dan semangat gotong royong,” pungkasnya.

Di lapangan, setelah selesai bekerja, perangkat gampong Cot Jeurat tampak mengukur ulang hasil pekerjaan warga. Hal itu dilakukan untuk menjadi pedoman pembayaran upah pekerja.

Kegiatan tersebut turut dipantau oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) gampong setempat, Salman Syarif, Ketua Tuha Peut Baharun dan anggota, serta seluruh perangkat pemerintah gampong Cot Jeurat. (*)

Pos terkait