Saint-Chamas, Prancis — Tim nasional sepak bola U-20 Indonesia harus mengakui keunggulan Korea Selatan U-21 dalam laga perebutan posisi kesembilan Turnamen Maurice Revello Toulon Cup 2024.

Pertandingan yang berlangsung di Stade Rene Gimet, Saint-Chamas, Prancis, pada Jumat (14/6/2024) ini, Skuad Garuda Muda kalah tipis dengan skor 1-2 dari Taegeuk Warriors.

Adapun kick-off laga ini berlangsung pada pukul 19.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

ADVERTISEMENT

Memasuki babak pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Namun, tensi pertandingan meningkat di babak kedua. Korea Selatan memecah kebuntuan lewat gol J. Baek pada menit ke-47, membawa tim Negeri Ginseng unggul 1-0.

Korea Selatan semakin memperlebar keunggulan pada menit ke-59 melalui gol kedua J. Baek.

Indonesia sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol T. Firmansyah pada menit ke-77, namun usaha anak asuh Indra Sjafri untuk menyamakan kedudukan gagal hingga peluit akhir dibunyikan.

Laga ini juga diwarnai dengan beberapa kartu kuning dan merah. T. Firmansyah dari Indonesia menerima kartu kuning pada menit ke-42 dan kemudian kartu merah pada menit ke-90+1, membuat Indonesia harus bermain dengan 10 pemain di akhir pertandingan.

Sementara itu, dari kubu Korea Selatan, S. Jung mendapatkan kartu kuning pada menit ke-61.

Pergantian pemain juga banyak terjadi di kedua tim. Dari tim Korea Selatan, S. Jang, C. Lee, dan J. Baek digantikan oleh M. Kang, I. Hwang, dan S. Jung pada awal babak kedua.

Sementara itu, Indonesia melakukan beberapa pergantian pemain, termasuk memasukkan T. Rustam pada menit ke-68 menggantikan A. Abdulmanan.

Kartu kuning lainnya diterima oleh pemain Indonesia, D. Tri Pamungkas, pada menit ke-85 dan S. Zaky pada menit ke-81, serta M. Hamzah pada menit ke-90+3.

Dengan hasil ini, Korea Selatan U-21 menempati posisi kesembilan di Turnamen Maurice Revello Toulon Cup 2024, sementara Indonesia harus puas berada di posisi kesepuluh.(*).