LHOKSUKON – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag yang diwakili oleh Kepala KUA Kecamatan Lhoksukon Ust. Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA, menjadi Khatib Shalat Jum’at perdana di Masjid Raudhatus Su’adah di Komplek Dayah Ma’had Al -Ihsaniyah Al Aziziyah, Gampong Langa, Kec. Syamtalira Bayu, Jum’at (26/5/2023).

Ust. Shaifuddin dalam khutbahnya menyampaikan hari Jumat merupakan sayyidul ayyam (penghulu hari), hari di mana kaum muslimin yang berkumpul bersama di masjid untuk menjalankan shalat Jumat. Karena itu hari Jumat merupakan salah satu hari raya umat Islam.

“Alhamdulillah, kita bersyukur atas karunia Allah SWT, apa lagi hari ini bisa melaksanakan Shalat Jum’at perdana di Masjid yang kita cinta ini,” ucapnya memulai khutbah.

Lebih lanjut Ust. Shaifuddin menyampaikan bahwa tentang memakmurkan masjid memang diperintahkan oleh agama. Hal itu sudah tertuang dalam Al-Quran. Salah satunya adalah dalam Q.S At Taubah ayat 8.

“Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk,” jelasnya dengan mengutip firman Allaah QS. At-Taubah Ayat 18.

Dijelaskannya, tentunya memakmurkan masjid merupakan amal jariyah yang akan terus mengalir sekalipun orang yang bersangkutan telah wafat. Ada beberapa keutamaan memakmurkan masjid atas dasar ketakwaan.

“Adapun antara lain keutamaan membangun atau memakmurkan masjid, orang yang bersangkutan insya Allah akan mendapatkan rumah di surga-Nya, amal jariyah akan terus mengalir, mendapat pahala yang berlipat ganda, dilapangkan rezekinya, menghapus dosa,” jelasnya.

Menurutnya, orang yang memakmurkan masjid adalah termasuk orang yang mau memberikan ide memikirkan tentang pembangunan masjid dan ikut berpartisipasi untuk menyumbangkan harta demi lancarnya pembangunan masjid serta ikut juga memperbanyak ibadah dan mengerjakan shalat berjamaah di masjid.