Kendari, Acehglobal – Ketua Prodi Ilmu Politik Universitas Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Teuku Muzaffarsyah, S.IP., M.A.P, memberi kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (FISIP UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/10/2024).

Kuliah umum ini mengangkat tema “Dinamika Politik Lokal dan Tantangan Demokrasi dalam Pilkada Serentak 2024,” berlangsung di Aula Bahtiar FISIP UHO, Kendari.

Kuliah umum ini turut dihadiri oleh mahasiswa Prodi Ilmu Politik serta para dosen dan civitas akademika kampus setempat.

Dalam kuliah umumnya, Teuku Muzaffarsyah memberikan paparan mendalam terkait perkembangan politik lokal di Indonesia. Khususnya, menjelang Pilkada Serentak 2024.

Teuku Muzaffarsyah mengupas berbagai tantangan dalam memperkuat demokrasi di tingkat lokal, seperti politik uang, penyebaran informasi palsu, serta dinamika politik yang rentan terhadap konflik kepentingan.

Teuku Muzaffarsyah juga menyoroti peran partai-partai lokal di Aceh yang merupakan salah satu wilayah dengan memiliki keistimewaan dan kekhususan politik di Indonesia.

Muzaffarsyah menjelaskan, bahwa partai-partai lokal di Aceh seperti Partai Aceh memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Aceh.

Menurutnya, keberadaan partai lokal di Aceh yang didukung oleh perjanjian damai Helsinki telah memberikan warna baru dalam proses Demokrasi lokal, serta mendorong keterlibatan masyarakat yang lebih luas, dan juga menciptakan model demokrasi yang lebih inklusif dan representatif.

“Saya menekankan bahwa peran partai lokal di Aceh bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia. Terutama, dalam memperkuat demokrasi lokal di Aceh,” ujar Muzaffarsyah.

Selanjutnya, kata Muzaffarsyah, Partai-partai lokal di Aceh memiliki kapasitas untuk mendorong agenda politik yang sesuai dengan konteks sosial dan budaya masyarakta di Aceh. Sekaligus, lanjut dia, berkontribusi terhadap penguatan Demokrasi Indonesia secara keseluruhan.

Sementara itu, fasilitator acara ini, Sekjur Ilmu Politik dan Pemerintahan Fisip UHO Asriani, S.IP., M.A berharap, mahasiswa Prodi Ilmu Politik FISIP UHO dapat memahami lebih dalam mengenai dinamika politik lokal serta tantangan demokrasi yang dihadapi Indonesia saat ini.

“Kuliah umum ini memberikan wawasan penting bagi mahasiswa dalam melihat peran strategis partai politik, baik di tingkat lokal maupun nasional dalam menjaga kualitas demokrasi,” kata Asriani.

Acara ini dihadiri dengan antusias oleh ratusan mahasiswa dan dosen, yang ikut berdiskusi aktif terkait isu-isu yang diangkat. Kolaborasi antara UHO dan Unimal dalam kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat sinergi akademik dan memberikan manfaat yang lebih besar dalam pengembangan ilmu politik di Indonesia.(*)