Banda Aceh, Acehglobal – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, yang diwakili Sekda Aceh, Azwardi resmi melantik tujuh pejabat eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Aceh.

Proses pelantikan tersebut berlangsung di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Selasa, (21/05/2024).

Dalam pidato yang dibacakan oleh Sekda Azwardi, Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah mengingatkan para pejabat yang baru dilantik untuk mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2024 sesuai target.

“Saya tegaskan pentingnya percepatan realisasi APBA yang saat ini sudah memasuki triwulan kedua,” ujar Bustami.

Bustami mengungkapkan, target realisasi APBA 2024 hingga Mei ini adalah 35 persen untuk kegiatan fisik dan 31 persen untuk realisasi keuangan. Namun, hingga saat ini, realisasi untuk keduanya masih di bawah 25 persen.

Oleh karena itu, ia meminta kepada para pejabat eselon II yang baru dilantik untuk segera melakukan langkah-langkah percepatan agar serapan APBA dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

“Saya harap semua pihak dapat bekerja secara sinergis dengan seluruh jajaran pemerintah dan mitra kerja lainnya terkait pengalokasian anggaran tersebut,” tegas Bustami.

Selain itu, Bustami juga mengingatkan pentingnya dukungan semua pihak untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di wilayah Aceh, serta komitmen untuk memajukan olahraga Aceh.

“PON XXI merupakan momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Aceh mampu menjadi tuan rumah yang baik dan sukses menyelenggarakan event olahraga skala nasional itu,” jelasnya.

“Karena itu, saya minta kepada para pejabat yang dilantik, dan kepada para kepala SKPA lainnya, bersama-sama mendukung dan mensukseskan PON XXI di Aceh. Sehingga menjadi pembuktian nyata atas semangat persatuan dan kebersamaan kita,” kata Bustami.