Banda Aceh, Acehglobal — Ghina Tsurayya, mahasiswi dari Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) wakili Provinsi Aceh pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024.

Pilmapres merupakan salah satu ajang talenta jenjang pendidikan tinggi, yang bertujuan untuk mengembangkan inovasi melalui berbagai karya unggulan yang menjawab tantangan di masyarakat.

Ajang ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) setiap tahunnya.

Ghina yang merupakan mahasiswi angkatan 2021 itu, mengatakan bahwa sebelumnya ia telah melakukan seleksi tingkat wilayah LLDIKTI wilayah XIII untuk tingkat sarjana dan meraih Juara 1.

Pada Pilmapres tahun ini, Ghina memaparkan tentang inovasi deteksi kanker payudara menggunakan bra dengan berbagai sensor.

“Inovasi ini diharapkan dapat direalisasikan dan menjadi bagian dari strategi nasional dalam deteksi kanker payudara untuk mengurangi angka kematiannya yang besar,” jelas Ghina, Rabu (3/6/2024).