Jakarta, Acehglobal — Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina.

Dalam fatwa tersebut, MUI mengharamkan produk-produk yang terang-terangan membela Israel atas Palestina.

Meski demikian, MUI tidak menyebut secara jelas produk apa saja pendukung Israel yang beredar di Indonesia.

Sejauh ini, diketahui oleh publik secara umum bahwa ada dua brand besar di Indonesia yang dikaitkan dengan pro-Israel, yaitu McDonald’s dan Starbucks. Kedua brand tersebut telah menutup gerainya di Jakarta.

Selain itu, di luar negeri, berbagai perusahaan sudah melakukan aksi boikot terhadap produk-produk yang berafiliasi dengan Israel.

Gerakan ini dinamakan DBS (Boikot, Divestasi, Sanksi). Gerakan tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada Palestina dan perlawanan kepada Israel tanpa kekerasan terhadap produk ekonomi dan budaya Israel.

Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 ini dikeluarkan sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina yang terus ditekan oleh Israel. MUI menilai bahwa Israel telah melakukan pelanggaran HAM terhadap rakyat Palestina.

Dilansir dari Suara.com, Sabtu (11/11/2023), berikut adalah daftar produk pro Israel yang tersebar di Indonesia :

1. Ahava

Produk kecantikan berbasis di Israel ini juga sudah masuk ke pasar Indonesia. Produk ini mengklaim diproduksi dengan air mineral alami dari Laut Mati.

2. Edushape

Edushape merupakan perusahaan yang memproduksi mainan edukasi untuk anak-anak. Berbagai produk Edushape dijual di Indonesia. Perusahaan ini berkantor pusat di berbagai negara, salah satunya di Tel Aviv, Israel.

3. Taf Toys