Jantho, Acehglobal — Himpunan Mahasiswa Aceh Besar (HIMAB) akan menggelar kegiatan “LAGA” (Lantak Gagasan) bagi calon pemimpin Aceh Besar. Kegiatan ini direncanakan akan diikuti oleh empat pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Aceh Besar yang maju pada Pilkada 2024.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Politik dan Hukum HIMAB ini bertujuan untuk mendorong proses pemilihan yang lebih cerdas dan partisipatif.

LAGA akan menjadi momen mempertemukan para calon pemimpin Kabupaten Aceh Besar dengan masyarakat, mahasiswa, serta berbagai elemen komunitas lokal.

Setiap pasangan calon akan memaparkan visi dan misi mereka terkait pembangunan di Aceh Besar, yang meliputi sektor ekonomi, pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan isu-isu sosial lainnya.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan dilengkapi dengan sesi bedah gagasan oleh para panelis yang terdiri dari akademisi, tokoh masyarakat, dan pakar, serta sesi tanya jawab interaktif dengan masyarakat.

Ketua bidang Politik dan hukum HIMAB, Muhammad Farhan, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan ruang bagi masyarakat agar dapat memahami lebih dalam program dan rencana kerja calon pemimpin Aceh Besar nanti.

“Kami berharap melalui dialog ini, masyarakat bisa lebih mengenal visi dan misi dari masing-masing calon. Dengan demikian, mereka bisa membuat keputusan yang lebih matang dan rasional dalam pemilihan nanti,” kata Farhan dalam keterangannya, Minggu (6/10/2024).

Selain menyasar mahasiswa dan pemuda, HIMAB juga mengundang masyarakat umum, tokoh agama, dan organisasi kemasyarakatan untuk hadir dan berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi. Acara ini akan disiarkan secara langsung melalui platform media instagram, sehingga dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Aceh Besar, baik yang hadir secara fisik maupun daring.

“Pemilihan yang baik adalah pemilihan yang didasarkan pada pemahaman, bukan hanya popularitas. Kami ingin memberikan wadah bagi calon pemimpin untuk memaparkan secara rinci gagasan mereka, serta memberi kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat dalam dialog terbuka,” kata Farhan.

Sementara itu, Ketua HIMAB Isratullah mengatakan bahwa dengan LAGA ini, HIMAB berharap dapat meningkatkan kesadaran politik di kalangan masyarakat Aceh Besar, serta mendorong partisipasi aktif dalam proses pemilihan yang akan datang.

“Kami ingin masyarakat Aceh Besar memilih pemimpin yang benar-benar memahami dan mampu menjawab kebutuhan mereka untuk kemajuan daerah,” ujarnya.

Kegiatan ini, tambah Isratullah, diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun demokrasi yang lebih sehat dan transparan di Aceh Besar, serta menciptakan pemilihan yang lebih berkualitas.(*)