“Sehingga dengan demikian, hari raya Idul Fitri akan dilaksanakan Sabtu besok,” tutur Ubai.

BLANGPIDIE – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) H. Darmansah telah melepas pawai takbiran hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di halaman Masjid Agung Baitul Ghaffur di Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Jum’at (21/4/2023) malam.

Pelepasan pawai takbir tersebut dilakukan oleh Pj Bupati Darmansah usai sebelumnya melaksanakan shalat Isya berjamaah bersama dengan unsur Forkompinda setempat.

Ketua Panitia, Kadis Kominfo Abdya, Ubairizal dalam laporannya mengatakan pawai takbiran lebaran Idul Fitri 1444 H ini diikuti oleh mobil pejabat dan masyarakat yang dibagi menjadi dua rute.

Rute pertama, sebutnya, menuju ke arah Kecamatan Lembah Sabil dipimpin oleh Pj Bupati Abdya, bersama rombongan Kapolres, Dandim 0110, anggota DPRK, sejumlah pejabat, dan masyarakat.

“Sementara rute kedua ke Babahrot dipimpin oleh Sekda Abdya, Salman Alfarisi, sejumlah pejabat, dan masyarakat,” ujar Ubairizal.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan takbiran ini merupakan tindak lanjut dari keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama dalam sidang isbat yang digelar Kamis (20/4) telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023.

“Sehingga dengan demikian, hari raya Idul Fitri akan dilaksanakan Sabtu besok,” tutur Ubai.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Darmansah menyampaikan bahwa kita semua telah kembali fitri dan merayakan kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. “Semoga apa yang kita capai dapat dipertahankan,” ujarnya.