Blangpidie, Acehglobal — Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Gampong Se-kecamatan Setia kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengadakan perlombaan Bola Kasti di lapangan bola gampong Mon Mameh.

Kegiatan yang berlangsung selama Dua hari (3 dan 4 Agustus 2024) tersebut diikuti oleh seluruh ibu-ibu dari TP PKK gampong Se kecamatan Setia.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Ita Yuliana yang didampingi oleh Sekretarisnya, Anasiah mengatakan bahwa perlombaan Bola Kasti ini merupakan bagian dari kegiatan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) tanggal 29 Juni lalu.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebetulnya dalam rangka memperingati Harganas tanggal 29 Juni lalu, tapi karena sesuatu dan lain hal kegiatannya baru bisa terlaksana sekarang,” ujarnya disela-sela pertandingan Final antara TP PKK Lhang berhadapan dengan TP PKK Kuta Murni, Minggu (4/8/2024)

Menurutnya permainan bola kasti ini sengaja diperlombakan karena anak-anak sekarang sudah mulai jarang memainkannya. Sehingga dikhawatirkan permainan bola kasti ini tidak lagi dikenal oleh masyarakat kedepannya.

“Selain untuk kita bernostalgia dengan permainan masa kecil, kita
Juga berharap ibu-ibu yang ikut serta dalam lomba ini bisa mengajarkan kepada anak-anaknya permainan bola kasti ini, sehingga bisa terus dilestarikan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Ketua APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) kecamatan Setia, Ade Herman memberikan apresiasi kepada TP PKK gampong Se kecamatan Setia yang telah berupaya melestarikan olah raga tradisional tersebut.

“Selamat kepada pemenang. Kita sangat mengapresiasi kegiatan ibu-ibu PKK ini, apalagi kita lihat pemain sangat antusias dan penontonpun sangat terhibur. Semoga saja kegiatan seperti ini menjadi kegiatan rutin tahunan di kecamatan Setia,” ucapnya.

Ade Herman yang juga merupakan Keuchik gampong Rambong tersebut juga berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi pemicu untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di gampong, seperti memperingati HUT-RI dan sebagainya.

Pertandingan Bola Kasti itu akhirnya dijuarai oleh Tim TP PKK gampong Kuta Murni setelah menaklukkan Tim TP PKK gampong Lhang dengan skor 17-3.(*)