Pekanbaru – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Kolaborasi Nasional.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 2 hingga 4 Maret 2023, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dari kedua Universitas.

PKM kolaborasi nasional ini difokuskan pada inisiasi Pendirian Unit Pengelola Zakat (UPZ) di Desa Gunung Bungsu, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

UPZ ini penting untuk dibentuk karena selama ini desa hanya mengumpulkan zakat fitrah pada hari raya Aidil Fitri, padahal di desa juga terdapat potensi besar untuk dikelola zakat mal.

UPZ akan memungkinkan pengumpulan dan pemberian zakat mal kepada para mustahiq seperti warga miskin dan fakir yang membutuhkan di Desa.

“Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu bagian daripada Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial pengabdian FEBI kepada masyarakat,” kata Dekan FEBI UIN Ar- Raniry Banda Aceh, Dr. Hafas Furqani, M.Ec, dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (3/3/2023).

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Prodi Perbankan Syariah, UIN Ar Araniry, Dr. Nevi Hasnita, M. Ag, yang juga turut serta dalam kegiatan PKM ini.