Blangpidie – Dalam rangka penerimaan siswa-siswi baru tahun 2023, SMA Negeri Unggul Harapan Persada, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan Harpa’s Festival of Art Sport Religien and Aducation (HARFARD) ke-3.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk merekrut calon siswa baru yang memiliki potensi minat dan bakat, berlangsung di komplek sekolah setempat yang terletak di Gampong Ujung Padang, Kecamatan Susoh, Abdya.

“Ini adalah ajang sekolah dalam melakukan penerimaan siswa-siswi baru, dimana melalui teknik kompetisi bakat semacam ini kita dapat mengetahui kemampuan calon peserta didik,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri Unggul Harpa, Subarianto, Selasa (24/1/2023).

Ia menjelaskan, kegiatan festival HARFARD beberapa tahun yang lalu sempat di tiadakan karena wabah pandemi Covid-19 melanda. Namun, untuk saat ini, seiring isu pandemi yang makin membaik, pihaknya kembali menggelar kegiatan tersebut.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulliah, kita kembali membuat kompetisi bakat di tahun 2023, dan bisa kita saksikan sendiri, para guru, dan 35 kepala sekolah dan siswa dari SMP dan MTs Sederajat yang menjadi peserta lomba terlihat sangat antusias mengikuti festival ini,” ujar Subarianto.

Subarianto juga menambahkan, hal yang istimewa dalam festival HARFARD ini adalah para peserta yang berhasil mendapatkan juara satu akan diberikan peluang memperoleh undangan khusus dari sekolah.

“Anak-anak yang menjadi juara akan kita berikan undangan khusus dan siap diterima menjadi siswa di SMA Unggul Harpa Abdya, tanpa tes,” ungkapnya.

Banyak kategori perlombaan yang ditampilkan pada kegiatan festival HARFARD di SMA Unggul Harpa ini, diantaranya lomba bidang akademik, seni dan lomba olahraga.

Kategori akademik meliputi lomba debat Bahasa Inggris, debat Bahasa Indonesia, cerdas cermat PAI (Pendidikan Agama Islam) dan juga lomba Tahfidz Al-Qur’an.

“Sedangkan, pada bidang Seni yang diperlombakan adalah lomba vokal solo, gitar solo, mono log, vlog dan lomba tarian tradisional. Untuk sesen olahraga lomba tenis meja,” tutur Subarianto. (*)

Reporter : Muhammad Nasir | Editor : Salman