Berlin, Jerman – Timnas Spanyol berhasil meraih gelar juara Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 dalam laga final yang digelar di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (14/7/2024) dini hari WIB.

Gol dari Nico Williams dan Mikel Oyarzabal mengantar Tim Matador meraih piala eropa 2024. Meskipun Inggris sempat menyamakan kedudukan melalui gol Cole Palmer.

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, pertandingan berlangsung ketat sejak peluit dibunyikan wasit.

Kedua tim tampak bermain hati-hati, dalam penguasaan bola. Hingga babak pertama usai, masih imbang skor kacamata 0-0 meski ada beberapa peluang emas dari kedua tim.

Memasuki babak kedua, La Furia Roja julukan Timnas Spanyol langsung mengambil inisiatif menyerang.

Pada menit ke-47, Nico Williams Jr berhasil memecah kebuntuan setelah memanfaatkan umpan silang datar dari Lamine Yamal. William berhasil melesakkan bola ke gawang Inggris yang dijaga Pickford. Skor menjadi 1-0 untuk Spanyol.

Pada menit ke-70, Inggris memasukkan Cole Palmer. Hanya tiga menit berselang, yaitu menit ke-73, Palmer membayar kepercayaan pelatih Gareth Southgate dengan mencetak gol penyama kedudukan setelah menerima umpan dari Jude Bellingham.

Palmer melakukan tendangan keras datar dari luar kotak penalti dan membuahkan gol untuk Inggris. Skor berubah imbang menjadi 1-1.