Blangpidie, Acehglobal – Momen penuh haru terjadi di Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (9/10/2024). Nek Samsiah, seorang nenek lanjut usia, tak kuasa menahan tangis saat kedatangan calon Bupati Abdya, Dr. Safaruddin, yang hendak meninjau pembangunan rumahnya.

Tangis nek Samsiah bukan tanpa alasan. Rumah yang sedang dibangun itu merupakan bantuan dari Dr. Safaruddin, yang kini mencalonkan diri sebagai Bupati Abdya pada Pilkada 2024.

Bantuan tersebut menjadi wujud nyata dari harapan panjang nek Samsiah untuk memiliki hunian yang layak, sebuah impian yang akhirnya terwujud berkat upaya Safaruddin melalui Pokok Pikiran (Pokir) ketika masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Aceh.

Safaruddin didampingi tim pemenangan Bupati dan Wakil Bupati paslon Dr Safaruddin – Zaman Akli Kemukiman Kuta Tinggi, langsung turun ke lokasi untuk melihat progres pembangunan rumah nek Samsiah.

Setiba Dr Safaruddin didepan rumahnya, nek Samsiah yang saat itu sudah menunggu langsung memeluk Safaruddin meskipun selama ini dirinya tidak mengenal dengan sosok dimaksud.

“Alhamdulillah nak, hari ini kamu sudah mengunjungi rumah nenek. Terimakasih nak walaupun nenek tidak mengenalmu akan tetapi kamu begitu ikhlas membantu rumah untuk nenek,” ucap nek Samsiah sambil meneteskan air mata di pelukan Safaruddin.

Nek Samsiah hanya mampu mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang mendalam atas kebaikan hati Dr. Safaruddin. Ia berdoa agar segala kebaikan yang diberikan oleh Safaruddin menjadi amal ibadah yang diridhai Allah SWT.

“Hari ini nenek hanya bisa mengucapkan terimakasih dan semoga segala kebaikan mu dan perjuangan mu menjadi bupati Abdya Allah jabahkan,” tuturnya seraya di Aamini oleh Safaruddin.

Selama kunjungan, Dr. Safaruddin tampak bahagia melihat rumah nek Samsiah sudah mendekati tahap penyelesaian. Dengan penuh kerendahan hati, ia meminta agar nek Samsiah mendoakan kesehatannya dan keluarganya setiap kali selesai shalat.

“Saya hanya perantara nek, semua itu atas kehendak Allah, dan saya hanya ingin menjadi orang yang selalu berguna bagi orang – orang di sekeliling saya serta bermanfaat bagi masyarakat Abdya khususnya,” kata Safaruddin dengan tulus.

Safaruddin juga berharap, setelah rumah tersebut selesai dikerjakan, nek Samsiah bisa beribadah dengan tenang tanpa ada kekhawatiran lagi dengan kondisi rumahnya.

Sebelumnya, nek Samsiah tinggal sendiri karena anaknya merantau, dan kondisi rumah lamanya sangat memprihatinkan terutama saat hujan deras.

“Jika rumahnya masih seperti dulu, tentu rasa khawatir itu pasti ada. Apalagi saat hujan. Sekarang, dengan rumah baru ini, semoga beliau bisa lebih tenang,” ungkap Safaruddin.

Tak hanya di Gampong Mata Ie, bantuan rumah dari Pokir Safaruddin juga menyebar ke beberapa titik di Kemukiman Kuta Tinggi. Safaruddin berharap, bantuan tersebut dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Harapan saya, semoga penerima bantuan rumah dari saya bisa bermanfaat bagi mereka, dan dalam kesempatan ini saya hanya meminta agar didoakan saya yang baik – baik dan juga semoga perjuangan kita bersama demi menuju perubahan Abdya ke arah maju Allah berikan kelancaran,” kata Safaruddin.

Amatan di lokasi, sebelum menuju kerumah nek Samsiah Dr Safaruddin sempat menyapa masyarakat kemukiman Kuta Tinggi yang tergabung dalam lima gampong diantaranya gampong Geulumpang Payong, Kuta Tinggi, Mata Ie, Babahlung dan Panton Raya.

Menariknya, dalam agenda silaturahmi ini dilakukan dengan berjalan kaki, menyusuri jalan dari Gampong Geulumpang Payong hingga Panton Raya untuk melihat beberapa pembangunan melalui pokir Safaruddin saat menjadi wakil pimpinan DPR Aceh.

Kunjungan ini juga sebagai bagian dari komitmen Safaruddin untuk merangkul dan mendengar langsung aspirasi masyarakat.(*)