Blangpidie, Acehglobal — Tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti Debat Publik Pilkada yang berlangsung di Gedung Olahraga dan Seni (GOS), Komplek Padang Meurante, Kecamatan Susoh, Sabtu (26/10/2024).

Acara debat ini diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten setempat dan dihadiri oleh Forkopimda Abdya.

Ketiga paslon yang mengikuti debat adalah nomor urut satu H. Salman Alfarisi, ST.MM – Yusran, nomor urut dua Ir. Jufri Hasanuddin – Ir. Fakhruddin, dan nomor urut tiga Safaruddin – Zaman Akli.

Dalam sambutannya, Ketua KIP Abdya, Iswandi, mengungkapkan ada beberapa subtema yang diuji dalam debat kandidat Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang maju pada Pilkada 2024 ini.

Tema pertama, penguatan Syariat Islam dan Adat Istiadat. Subtema ini difokuskan pada implementasi nilai-nilai Islam dalam pemerintahan daerah serta pelestarian adat istiadat lokal.

“Kedua, subtema pendidikan. Subtema ini lebih pada penekanan peningkatan mutu pendidikan formal dan non-formal, akses pendidikan di wilayah terpencil, serta sinergi pendidikan dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM),” ujar Iswandi.

Selanjutnya, kata Iswandi, subtema kesehatan. Subtema ini para paslon memaparkan gagasannya tentang program peningkatan layanan kesehatan dasar, penyediaan fasilitas kesehatan di daerah terpencil, dan strategi penanganan isu kesehatan masyarakat.

Subtema berikutnya, sosial budaya. Subtema ini menitikberatkan pada upaya pelestarian budaya lokal dan pengembangan sektor sosial demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tema pelayanan publik yang transparan dan berdaya saing juga menjadi bahan debat, dengan fokus pada perbaikan tata kelola pemerintahan yang efisien dan modern, pengembangan e-government, serta keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik,” jelas Iswandi.(*)