Blangpidie, Acehglobal — Tiga Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penandatanganan deklarasi kampanye damai bersama dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Penandatanganan deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Abdya tahun 2024 tersebut dilakukan di halaman Kantor Bupati Abdya, Gampong Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Minggu (29/9/2024).

Kegiatan penandatanganan deklarasi kampanye damai itu turut dihadiri oleh Kapolres Abdya, AKBP Agus Sulistianto, Dandim Abdya, Letkol Inf Beni Maradona, Ketua DPRK Abdya, Roni Guswandi, Ketua MPU, Tgk. Muhammad Dahlan,

Kepala Pengadilan Negeri Blangpidie, Munawar Hamidi, Kajari Abdya, Bina Yuda Asmara, Komisioner Panwaslih Ad Hoc Abdya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan para pendukung dari ketiga pasangan calon serta tamu undangan lainnya.

Ketua KIP Abdya, Iswandi mengatakan, deklarasi ini sebagai bentuk komitmen pasangan calon mewujudkan kampanye damai pada Pilkada 2024.

“Melalui momentum deklarasi ini kami mengajak seluruh stakeholder, masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam kabupaten Abdya, mari kita sambut Pilkada ini dengan penuh gembira, ceria dan damai,” kata Iswandi.

Iswandi berharap deklarasi kampanye damai yang berjalan di bumo Breuh Sigupai ini dapat menjadi satu patokan untuk menuju masa kampanye yang sehat dan damai di Kabupaten Abdya.

“Kita berharap agar tidak saling berbicara negatif antara satu sama lain dan terlepas dari unsur SARA,” sebutnya.

Iswandi menghimbau kepada pasangan calon, para partai pengusung dan pendukung serta para tim pemenangan untuk sama-sama saling menjaga nilai-nilai demokrasi demi terwujudnya Pilkada di Abdya aman dan tertib tanpa ada kendala.

“Mari kita wujudkan nilai-nilai demokrasi yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Insan pers merupakan alat penyambung informasi yang saat ini sangat dinantikan oleh masyarakat dalam memberikan info terkait visi dan misi para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya.

Iswandi juga mengajak kepada seluruh stakeholder, masyarakat mari laksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi sara dan tanpa politik uang.

“Pada Rabu (2/10) nantinya akan dilaksanakan kampanye perdana serta penyampaian visi dan misi masing–masing Paslon di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya,” pungkasnya. (*)