Banda Aceh, Acehglobal — Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto secara resmi melantik para menteri dalam Kabinet Merah Putih.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dua dari menteri yang dilantik berasal dari Aceh.

Mereka adalah Sugiono yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Teuku Riefky Harsya yang menjadi Menteri Ekonomi Kreatif.

Selain itu, pada siang harinya, Prabowo juga dijadwalkan melantik wakil menteri, di mana Nezar Patria dari Aceh turut dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Digital.

Siapa Sosok Tiga Tokoh Aceh Ini?

1. Sugiono, Menteri Luar Negeri

Sugiono lahir di Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979, dan saat ini berusia 42 tahun. Ia memulai pendidikan dasarnya di SDN Takengon, lalu melanjutkan ke SMPN 3 Banda Aceh.

Setelah itu, Sugiono merantau ke Magelang, Jawa Tengah, untuk menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, lulus pada 1997.

Sugiono kemudian melanjutkan pendidikan di Norwich University, Amerika Serikat, dengan jurusan Ilmu Komputer berkat beasiswa dari Prabowo.

Setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri, Sugiono melanjutkan pendidikan militer di TNI Angkatan Darat pada 2000. Namun, ia memutuskan pensiun dini dari TNI pada 2004 dengan pangkat terakhir Letnan.

Sebelum pensiun, Sugiono menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo Subianto dan tetap di posisi itu hingga kini.

Prabowo mengakui bahwa mereka telah mengenal selama 21 tahun dan Sugiono merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara.

Sugiono bergabung dengan Partai Gerindra sejak partai ini didirikan pada tahun 2008. Di Gerindra, ia menjabat dalam berbagai posisi, seperti Wakil Ketua Harian Dewan Pembina, Wakil Ketua Umum, dan Ketua Fraksi Gerindra MPR RI.

2. Teuku Riefky Harsya, Menteri Ekonomi Kreatif

Teuku Riefky Harsya lahir pada 28 Juni 1972 di Jakarta dan kini berusia 52 tahun. Ia mengenyam pendidikan di akademi militer di Amerika selama empat tahun dan lulus pada 1994.

Teuku juga meraih gelar S2 di Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada 2011-2013 dengan predikat Cum Laude.

Teuku adalah seorang politikus senior dari Partai Demokrat. Ia telah berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI selama lima periode, sejak Pemilu 2004 hingga 2024.

Dalam kariernya, Teuku Riefky juga pernah menjabat sebagai direksi di beberapa perusahaan dan di DPR RI sebagai Wakil Ketua Komisi I dan Ketua Komisi VII.

3. Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital

Nezar Patria lahir di Sigli-Pidie, Aceh, pada 5 Oktober 1970. Ia menempuh pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, di Fakultas Filsafat, sebelum melanjutkan studi di luar negeri.

Nezar meraih gelar Magister dalam Sejarah Hubungan Internasional di London School of Economics dan gelar Doktor di Universitas Gadjah Mada.

Dalam dunia jurnalistik, Nezar memiliki pengalaman luas, pernah menjabat sebagai wartawan dan pemimpin berbagai media. Ia juga pernah menjadi Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Dalam pemerintahan, Nezar pernah menjabat sebagai Staf Khusus V di Menteri BUMN dan dipercaya menduduki posisi penting di PT Pos Indonesia dan PT Dapensi Trio Usaha.(*)