53 KK di Gampong Cot Jeurat Blangpidie Terima BLT DD September

  • Whatsapp
Penyerahan BLT DD bulan September 2021 oleh Pemerintah Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Abdya yang berlangsung di halaman Pustu gampong setempat, Jum'at (24/9/2021). FOTO : ACEHGLOBALNEWS.COM/SALMAN.

GLOBAL BLANGPIDIE – Sebanyak 53 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) dari pemerintah gampong setempat, Jum’at (24/9/2021).

Pj Keuchik Gampong Cot Jeurat, Eri Sofiandi, mengatakan penyaluran BLT DD ini merupakan jatah bulan September diberikan senilai Rp 300 ribu per KK.

Bacaan Lainnya

“Ini BLT yang ke sembilan, bantuan seperti biasa kita salurkan secara tunai Rp 300 ribu kepada 53 keluarga kurang mampu yang berhak menerima bantuan,” kata Eri.

Dijelaskannya, sebelumnya data penerima BLT DD tahun 2021 itu berjumlah 58 KK yang telah ditetapkan melalui musyawarah khusus (musdesus) pemerintahan desa, namun, hingga bulan September jumlah tersebut berkurang menjadi 53 KK.

“Sebelumnya data yang kita terima sudah diputuskan dalam musyawarah desa sebanyak 58 KK, lantaran di bulan Mei dan Juni ada keluarga menerima bantuan lain dari pemerintah, sehingga kita kurangi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, sesuai peraturan yang ada bahwa bantuan sosial (Bansos) Covid-19 ini tidak diperbolehkan diterima tumpang tindih oleh satu keluarga.

“Bulan Mei ada 4 KK dan Juni ada 1 KK yang harus dikeluarkan sementara, karena keluarga tersebut sesuai data rilis Kemensos menerima BST dan sembako,” rincinya.

Kesempatan itu, Eri berpesan, kepada penerima bantuan BLT DD agar mempergunakan dengan baik dan tepat bantuan tersebut.

Meskipun bantuan senilai Rp 300 ribu itu nilainya sedikit, akan tetapi ia berharap bisa mengurangi kebutuhan rumah tangga di masa pandemi Covid-19 ini.

“Semoga bantuan BLT ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat kita yang kurang mampu, terutama untuk keperluan pangan dan sembako di rumah,” ucapnya.

Eri juga menjelaskan, kedepan bantuan ini akan disalurkan per setiap bulannya, dengan catatan pemerintah gampong sudah melakukan pertanggungjawaban penyaluran BLT kepada masyarakat bulan-bulan sebelumnya melalui aplikasi OMSPAN Kementerian Keuangan RI.

Kegiatan penyerahan BLT DD bulan September 2021 ini, turut dihadiri oleh Kaur Perencanaan, Kaur Keuangan, dan Pendamping Lokal Desa (PLD) gampong setempat, Salman Syarif dan Babinsa Koptu Hendriko. (agn)

Pos terkait