Puluhan Warga Gampong Mata Ie Blangpidie Bersihkan Saluran dengan PKTD

  • Whatsapp
Puluhan Warga Gampong Mata Ie Blangpidie Bersihkan Saluran dengan PKTD.

GLOBAL BLANGPIDIE – Puluhan warga Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan kegiatan bersih-bersih saluran, selokan dan parit dalam wilayah gampong setempat, Sabtu (2/10/2021).

Pj Keuchik Gampong Mata Ie, M Yasin Yusuf melalui Sekdes, Muzakkir mengungkapkan, kegiatan pembersihan saluran pembuang di lingkungan pemukiman warga itu bertujuan agar air limbah rumah tangga tetap mengalir dan tidak tersumbat, serta terhindar dari bersarangnya penyakit.

Bacaan Lainnya

“kita membersihkan lingkungan desa terutama pembersihan saluran dan parit ini supaya lingkungan warga tetap bersih, sehingga terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kotoran yang ada di saluran dan parit,” ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program pemerintah desa yang dilakukan dengan sistem padat karya tunai desa (PKTD).

“Kegiatan ini adalah program desa yang sudah kita anggarkan di tahun 2021 dengan melibatkan warga sebagai pekerja,” kata Muzakkir.

Pihaknya, tambah dia sengaja merekrut pekerja dari warga anggota rumah tangga miskin (ARTM) dengan alasan dapat membantu ekonomi rumah tangga mereka di situasi pandemi Covid-19 ini.

“Pekerja adalah anggota keluarga dari pengangguran dan setengah pengangguran. Mereka setelah selesai bekerja langsung kita berikan upah secara tunai,” sebutnya.

Muzakkir juga menyebutkan, ada 5 titik lokasi saluran pembuang yang dibersihkan oleh warga dengan total volume panjang saluran hampir 1.000 meter. Sementara, pada masing-masing titik lokasi jumlah pekerja sebanyak 10 orang.

“Harapan kami, terutama kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik baiknya, dengan bekerja dengan serius. Kita juga meminta masyarakat setelah dilakukan pembersihan mohon dapat menjaga kebersihan lingkungan dan selalu berprilaku hidup sehat,” pesan Muzakkir. (*)

Pos terkait