Viral! Kisah Polwan Mesya Diterima di 7 Universitas Inggris

  • Whatsapp
Mesya Ananda. Sumber Foto: Instagram

GLOBAL JAKARTA – Pekan lalu, seorang polisi wanita (Polwan) berbagi kisahnya yang lulus pada sejumlah Universitas di Inggris. Kisah itu banyak dibagikan oleh akun-akun lain sehingga akhirnya viral di media sosial.

Polwan itu ialah Mesya Ananda. Ia berbagi kisah pada akun Instagram pribadinya @mesyaananda. Mesya menceritakan bagaimana ia diterima di tujuh universitas ternama di Inggris.

Bacaan Lainnya

Mesya Ananda (23) mengatakan, sejak kecil ia punya impian kuliah di luar negeri.

“Alhamdulillah ya Allah. Sebuah perjalanan yang luar biasa akhirnya bisa selangkah lebih dekat meraih mimpiku dari kecil, beasiswa kuliah S2 di luar negeri,” ucap Mesya mengutip akun Istagramnya, Sabtu (7/8/2021).

Mesya menceritakan bagaimana ihwal perjuangannya bisa lulus pada tujuh universitas di Inggris tersebut.

Awalnya Mesya mengikuti Dikjur Sekolah Bahasa POLRI mendapat rank top 5, dan kemudian diberi kesempatan untuk test IELTS dibiayai hingga mendapat overall score 7.5. “Alhamdulillah juga bisa meraih penghargaan Lulusan Terbaik pada Sebasa 2020,” katanya.

Selanjutnya tambah Mesya pada November-Juli, ia mempersiapkan diri dan berkas untuk mendaftar universitas tujuan dan beasiswa LPDP.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ananda (@mesyaananda)

“Sembilan bulan diisi dengan research universitas dan bandingin keunggulan program dan universitas, membuat surat administrasi, minta surat rekomendasi, bergadang buat essay personal statement, minta masukkan berbagai orang, bolak balik translate dokumen, rombak revisi essay lagi (berkali-kali), buka mantengin email terus nunggu letter of acceptance (loa) dari universitas, nangis ditolak universitas, semua sambil menjalankan tugas kepolisian @polisi_indonesia,” ungkap Mesya.

Mesya pun sempat optimis, karena kondisi pandemi Covid-19 masih melanda. Ia khawatir lantaran beasiswa LPDP belum ada kepastian.

“Sempat pesimis dengan kondisi pandemi ini yang menyebabkan beasiswa LPDP belum ada kepastian untuk dibuka,” tutur dia.

Lalu, lanjutnya ia kemudian mengikuti seleksi @lpdp_ri mulai dari 0 lagi, mengirim berkas administrasi. Mengikuti seleksi tes potensi akademik, dan tes wawancara. sehingga pada akhirnya diterima sebagai awardee LPDP 2021.

Rasa bahagia pun menyelimuti diri Mesya saat ia melihat banyaknya muncul notifikasi email dari beberapa universitas di Inggris.

“Pesimis itu dihibur dengan notifikasi email dari universitas yang mulai muncul satu per satu. Pertama kali, University of Sheffield dan bertepatan waktu itu lagi pulang ke Jakarta karena papa dirawat. Adanya surat itu jadi kabar bahagia keluarga,” kata Mesya.

Mesya menyebutkan dirinya diterima pada tujuh universitas di Inggris. Hebatnya Mesya lagi di University College London / UCL, ia memperoleh peringkat rangking kelulusan nomor 9 di dunia.

“Alhamdulillah pada akhirnya diterima di 7 universitas di United Kingdom (Inggris): University College London / UCL (rank 9 di dunia), University of Glasgow, University of Leeds, University of Exeter, University of York, University of Sheffield dan University of Lancaster,” sebut Mesya.

Mesya seorang Polwan yang memulai pendidikan taruna kepolisian sejak 2016 dan lulus pada 2020 ini, mengaku bersyukur atas apa yang dijalani dan diraihnya saat ini.(*)

Pos terkait