Banda Aceh, Acehglobal — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Azhari, memberikan dukungan kepada seluruh peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Aceh yang sedang mengikuti musabaqah di Banda Aceh, Kamis (1/8/2024).

Di sela-sela kunjungannya, Kakanwil Kemenag Azhari menyampaikan bahwa KSM ini adalah momentum sebagai salah satu wujud nyata kualitas pendidikan bagi generasi muda.

“Harapan saya dengan adanya kompetisi sains madrasah ini anak-anak kita terus termotivasi dan terus semangat untuk belajar,” ungkapnya.

Kunjungan Kakanwil Azhari diawali dari MAN 1 Kota Banda Aceh, kemudian ke MTSN 1 Banda Aceh kawasan Jambo Tape, dan dilanjutkan ke MTsN 2 Banda Aceh kawasan Lueng Bata.

Dalam kunjungan tersebut Azhari didampingi oleh Kabag TU Ahmad Yani, Kabid Pendidikan Madrasah Penmad H.Zulkifli, dan Kakankemenag kabupaten/kota yang juga sedang memberikan dukungan kepada kontingennya.

Sementara itu, Kabid Penmad Zulkifli yang pernah mengepalai MTsN 1 menambahkan, KSM tingkat provinsi 2024 kali ini diikuti oleh siswa-siswi madrasah sebagai peserta individu sebanyak 372 orang dan peserta beregu sebanyak 79 dari 23 Kabupate/Kota.

“Adapun bidang studi yang dilombakan dalam KSM ini di jenjang MI adalah Matematika dan IPAS, jenjang MTS bidang studi yang dilombakan adalah Matematika, IPAS, dan IPS Terpadu. Sedangkan untuk jenjang MA adalah Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Geografi, dan Ekonomi,” ujarnya.

Zulkifli juga menyampaikan bagi penenang di setiap bidang studi KSM Tingkat provinsi ini maka berhak menjadi wakil Aceh untuk mengikuti KSM Tingkat Nasional pada 2-7 September 2024 mendatang yang diselenggarakan di Provinsi Maluku Utara Kota Ternate. (IP)