Warga Gampong Lhung Tarok Blangpidie Gotong Royong Bersihkan Saluran

  • Whatsapp
Puluhan warga Gampong Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, Abdya membersihkan saluran dan drainase dengan cara bergotong royong, Jum'at (3/4/2021).

GLOBAL BLANGPIDIE – Dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih, indah, rapi, aman dan nyaman puluhan warga Gampong (Desa) Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan dengan bergotong royong pada Jum’at (3/9/2021) kemarin.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Pj. Keuchik (Kepala Desa) Gampong Lhung Tarok, Jasmi Wali. Turut terlibat seluruh perangkat desa mulai dari Sekdes, Kaur Perencanaan hingga para Kepala Dusun.

Bacaan Lainnya

Selain itu, juga hadir Pendamping Lokal Desa (PLD) gampong setempat yang ikut memantau kegiatan gotong royong tersebut.

Gotong royong warga yang didominasi oleh kelompok pemuda itu berlangsung dari pagi sekira pukul 08.00 WIB hingga selesai menjelang siang.

Warga membersihkan sepanjang saluran pembuang utama dan drainase yang ada dalam wilayah gampong Lhung Tarok.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir yang disebabkan dari tersumbatnya saluran air.

“Kita bersihkan sampah dan ilalang serta memperbaiki saluran air sepanjang jalan utama dan memangkas rumput-rumput ditepi saluran agar terlihat lebih indah,” ujar Sekdes Gampong Lhung Tarok, Muslim Saputra, Sabtu (4/9/2021).

Ia mengatakan, apabila lingkungan bersih dan rapi tentunya akan nyaman ditempati dan mencegah datangnya penyakit apalagi saat ini masih dalam masa pendemi Covid-19.

Selain itu, menurut pria yang akrab disapa Adun ini, kegiatan gotong-royong bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat warga dalam bekerjasama dan peduli terhadap lingkungan.

Semangat gotong royong merupakan budaya bangsa Indonesia yang wajib dipertahankan dan dilsetarikan oleh masyarakat. Dengan bergotong royong semua pekerjaan akan menjadi lebih mudah.

“Budaya gotong-royong saat ini nyaris hilang di tengah masyarakat. Karenanya perlu ditumbuhkan kembali, terutama di kalangan anak-anak muda,” pungkasnya. (*)

Pos terkait